Fungsi dan Peranan Polri - Kepolisian Republik Indonesia

Review Situs

Fungsi dan Peranan Polri -  Kepolisian republik indonesia atau Kapolri dalam hubungannya dengan pemerintahan adalah salah satu alat yang penting dibidang pertahanan ketertiban dan ketentraman masyarakat : 


  • penegakan hukum
  • perlindungan
  • pengayoman
  • pelayanan kepada masyarakat 


Bertujuan untuk mewujudkan keamanan dalam negri yang meliputi terjaganya rasa aman dan ketentraman masyarakat, tertib dan tegak nya hukum, terciptanyanya perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat,serta terbinanya ketentraman masyarakat dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.


kaitannya dengan kehidupan bernegara polri merupakan suatu alat pemerintahan/negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,membuat aturan, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamananan dalam negri. 

Fungsi dan Peranan Polri


Agar dalam melaksanakan fungsi dan perannya seluruh wilayah negara republik indonesia atau yang dianggap sebagai wilayah negara republik indonesia tersebut dapat berjalan dengan efektif dan efisien,maka wilayah republik indonesia dibagi dalam daerah hukum menurut kepentingan pelaksanaan tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.


Sebagaimana yang ditentukan dalam peraturan wilayah pemerintah kepolisian dibagi secara berjenjang mulai tingkat pusat yang biasa disebut markas besar polri yang wilayah kerjanya meliputi seluruh wilayah republik indonesia yang dipimpin seorang kapolri yang bertanggung jawab kepada presiden


Kemudian wilayah ditingkat provinsi disebut dengan kepolisian daerah yang lazim di sebut dengan polda yang dipimpin oleh seorang kapolda yang bertanggung jawab kepada kapolri


Ditingkat kabupaten disebut dengan kepolisian resot atau disebut juga polres yang dipimpin oleh seorang kapolres yang bertanggung jawab kepada kapolda


Di tingkat kecamatan ada kepolisian sektor atau yang biasa disebut dengan polsek dengan pimpinan seorang kapolsek yang bertanggung jawab kepada kapolres.


Di ingkat kelurahan ada pos polis yang dipimpin oleh seorang brigadir polisi atau sesuai kebutuhan menurut situasi dan kondisi daerahnya.


TUGAS DAN WEWENANG POLRI

  • Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat
  • Menegakan hukum dan
  • Memberikan perlindungan,pengayoman,dan pelayanan kepada masyarakat


Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut polri melakukan


  1. Melakukan,penjagaan,pengawalan dan patroli terhadap kegiatan masyarakat dan pemerintah sesuai kebutuhan
  2. Menciptakan segala kegiatan dalam menjamin keamanan ketertiban dan kelancaran lalu lintas di jalan.
  3. Turut serta dalam pembinaan hukum nasional
  4. Memelihara ketertiban dan menjamin keamanan umum


Penyusunan dan tatanan kerja polri disesuaikan dengan kepentingan para publik dan wewenang yang diatur lebih lanjut dengan keputusan presiden.


Dalam organisasi pemerintahan polri yang dipimpin oleh kapolri merupakan lembaga negara non dapertemen yang berkedudukan langsung dibawah presiden, yang dalam pelaksanaan tugas nya bertanggung jawab kepada presiden sesuai dengan peraturan perundang undangan nomor 2 tahun 2002 tentang kepolisian negara republik indonesia.


Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab fungsi kepolisian kapolri, menetapkan, menyelenggarakan, dan mengendalikan kebijakan teknis polisi.

Komentar